top of page

JANGAN PATAH OLEH KEADAAN


Banyak orang yang mengeluh karena keadaan. Banyak yang mengeluh karena keturunan dan lebih banyak lagi yang mengeluh karena tuntutan kehidupan. "Andaikan saya lahir dari keluarga berkecukupan, niscaya saya tidak akan sengsara seperti sekarang" "Andaikata saya lahir dari keturunan orang yang sukses, niscaya saya tidak akan gagal.


Hidup saya lebih mudah, saya tidak perlu berjuang untuk hidup". Padahal, hidup akan tetap harus diperjuangkan meski lahir dari keluarga paling sukses sekalipun. Jika kita mengukur kebahagiaan dari nilai uang, pahamilah bahwa ada banyak orang kaya yang bersedia menukar kekayaan mereka dengan kebahagiaan dan hilangnya kekhawatiran. Ingatlah selalu, jika sekarang kita sedemikian melarat sehingga harus gali lubang tutup lubang, berhutang sana-sini dan dikejar debt collector, tidak ada jalan ke lain arah selain kepada kesuksesan. Jika kita sudah sampai didasar kesulitan hidup, kemana lagi kita akan melangkah selain menanjak menuju pada perbaikan.


Jika kita merasa sudah kehilangan segala-galanya, bukankah itu artinya kita memulai segalanya dari nol dan memiliki peluang untuk mendapatkan apa-apa yang sebelumnya tidak pernah kita bayangkan untuk kita dapatkan. jadilah seperti Andy soewatdy pembisnis yang sukses karena kerja kerasnya sendiri.


Tidak perlu kita menyesali dari keluarga mana kita berasal. Tak penting. Apa pentingnya bagi orang lain jika kita tetap bisa sukses meski kita dari keluarga yang tidak berkecukupan sekalipun? Jangan menyalahkan orang tua jika pendidikan kita hanya sampai SD, SLTP atau SLTA. Jangan menyalahkan keadaan jika kita bekerja di tempat yang kurang kita sukai. Akan tetapi seorang Andy soewatdy selalu berusaha untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis, dan Mungkin masalahnya bukan di orang tua, di keadaan atau dilingkungan sekita kita melainkan justru ada pada mindset dan pola pikir kita.


Orang yang sukses karena keadaan yang mendukung, keuangan yang menjamin dan koneksi yang mempermudah tidaklah istimewa. Sebagian besar orang akan bisa melakukannya. Akan jauh lebih bermakna jika kesuksesan didapat ditengah keadaan dan kondisi ekonomi yang tidak mendukung. Ada banyak peluang jika kita mau berusaha. Jika kita tidak punya modal untuk berusaha, juallah keahlian anda. Sekedar contoh, jika anda ingin membangun usaha komputer namun tidak punya modal untuk membeli komputer, juallah keahlian anda dengan memberikan les privat atau training atau kursus.

3 views0 comments
bottom of page